3 Tempat Wisata di Sungailiat Bangka

3 min read

3 Tempat Wisata di Sungailiat Bangka

3 Tempat Wisata di Sungailiat Bangka – Indonesia ialah negara kepulauan yang memiliki banyak pulau-pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Minimal pulau besar sampai kecil yang dipunyai Indonesia lebih dari 17.000 pulau.

Karena sangat jumlahnya pulau yang berada di Indonesia, sampai kadang tidak terlihat keberadaannya, lebih yang ada di wilayah terluar atau wilayah tepian.

Pulau- pulau di Indonesia ini adalah kekayaan yang dipunyai oleh Indonesia yang tida duanya. Tiap pulau yang dipunyai Indonesia ini memiliki kelebihan yaitu simpan kekayaan alam di dalamnya, serta simpan keindahan alam yang mengagumkan.

Pulau-pulau yang berada di Indonesia ini benar-benar simpan kekuatan yang mengagumkan untuk ditingkatkan. Hingga banyak beberapa negara di luar sana merasakan iri dengan Indonesia.

Memang pulau-pulau yang dipunyai Indonesia ini banyak yang memiliki ukuran kecil, ada yang cuma ditempati beberapa kepala keluarga saja, serta ada yang tidak berpenghuni benar-benar.

Di pulau- pulau yang kecil serta menarik ini ada banyak sekali didapati kealamian lingkungan yang masih asri serta sedikit tersentuh kemodernisasian, hingga makin membuat damai buat siapapun yang bertandang atau berada tinggal dari sana.

Kelebihan yang di punya Indonesia

Indonesia ini benar-benar luas, dengan beberapa sekali pulau-pulau di dalamnya. Indonesia yang luasnya sampai 1.919.000 km persegi ini terbagi dalam 35 propinsi yang terbentang dari ujung barat sampai ke ujung timur.

Tidak semua pulau di Indonesia ini memiliki propinsi, sebab bila ini berlangsung maka banyak propinsi yang dipunyai Indonesia. Pulau-pulau kecil yang menyebar di Indonesia ada banyak sebagai sisi dari propinsi khusus.

Hingga propinsi yang terbagi dalam pulau-pulau ini diberi nama Kepulauan. Minimal propinsi di Indonesia yang berupa kepulauan ada banyak propinsi.

Propinsi kepulauan yang dipunyai Indonesia itu ialah Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau serta Kepulauan Cendrawasih. Jumlahnya provinsi-provinsi yang dipunyai Indonesia yang ada di Pulau Jawa ada enam propinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta.

Propinsi yang berada di Pulau Sumatera ada sepuluh propinsi, yakni Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Bangka Belitung.

Propinsi yang berada di Pulau Kalimantan yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, serta Kalimantan Selatan. Propinsi yang ada di pulau Sulawesi ada enam propinsi, yakni Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, serta Gorontalo.

Propinsi yang ada di Pulau Papua serta Maluku ada lima propinsi yakni Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, serta Kepulauan Cendrawasih. Serta propinsi yang ada di Nusa Tenggara serta Bali ada tiga yakni Bali, Nusa Tenggara Timur, serta Nusa Tenggara Barat.

Keanekaragaman di IndonesiaIndonesia ialah negara yang Indah. Banyak wisata alam yang berada di Indonesia yang keindahannya mengagumkan. Sebab keindahan alam yang dipunyainya, Indonesia populer sampai ke luar negeri.

Serta ada yang tidak kenal Indonesia, tetapi cuma kenal salah satunya pulau sebagai keindahannya saja. Sebab pesona alamnya juga, Indonesia tetap dikunjungi oleh warga luar negeri yang bertandang untuk pelancong.

Wisata Indonesia yang tersohor akan keindahannya bukan hanya satu tempat saja, tetapi tiap pojok Indonesia ialah indah walau sedikit yang mengekspose keberadaannya, dari Bali, Lombok, Wakatobi, Raja Ampat, Bromo, Pucuk Bogor, sampai pantai-pantai di samping selatan pulau Jawa yang terbentang dari Jawa Timur sampai Jawa Barat, termasuk juga di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bidang pariwisata di Indonesia jadi salah satunya penyumbang penghasilan besar buat Indonesia. Serta sampai sekarang juga bidang pariwisata Indonesia tetap ditingkatkan.

Pengembagan bidang pariwisata ini bukan hanya dikerjakan oleh pemerintah saja, serta faksi swasta mulai mempromokan atau mempublikasikan keindahan alam Indonesia ini. Salah satunya misalnya ialah hadirnya program- progran di televisi- tv tanah air yang spesial meliput obyek wisata, atau meliput tempat- tempat indah di tanah air dari yang populer sampai yang belum terjamah publik sekalinya.

Ini tentunya akan memberitahukan warga di semua Indonesia yang nikmati siaran itu serta menggerakkan warga untuk menelusuri tempat- tempat yang disiarkan dalam acara itu. Dengan begitu tempat- tempat yang awalnya tidak ditelusuri orang lama- kelamaan jadi ramai serta dapat jadi obyek wisata baru.

Salah satunya wilayah di Indonesia yang populer akan keindahannya ialah Bangka, propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Bangka Belitung terdapat di samping pulau Sumatera. Bangka Belitung ini ialah wilayah kepulauan yang terbagi dalam beberapa pulau kecil-kecil, jadi bukan hanya pada sebuah pulau saja.

Bangka Belitung ini wilayahnya bersisihan dengan negara tetangga yakni Malaysia serta Singapura, hingga tidaklah heran bila banyak orang- orang Melayu yang ada dalam tempat ini. Disamping itu industri di Kepulauan Bangka Belitung ini termasuk semakin maju dibanding di wilayah sekelilingnya.

Banyak pabrik-pabrik yang dibuat di wilayah ini. Arus perdagangannya juga bisa bertumbuh lebih cepat dibanding dengan beberapa daerah di sekelilingnya, hingga tidaklah heran bila harga beberapa barang terutamanya elektronik harga tambah murah jika dibanding dengan daerah Indonesia lainnya.

Kelebihan Bangka Belitung

Di Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki satu kota yang populer, yakni Kabupaten Bangka. Bangka untuk ibukota propinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki luas daerah 147.985 km. persegi dengan jumlahnya masyarakat 70.959 juta jiwa.

Kabupaten Bangka ini memiliki ibukota yang populer namnya Sungai Simak. Pulau Bangka adalah salah satunya kota yang populer mempunyai tambang timah. Disamping itu Bangka tersohor akan wisata pantainya, wisata riwayat, dan wisata religinya. Salah satunya kota yang populer di Bangka ialah kota Sungailiat.

Kota Sungailiat ini populer dengan wisata pantainya. Sedang wisata religi yang populer berada di kota Belinyu. Sesaat untuk wisata riwayat yang populer ialah Kota Muntok. Dalam kesempatan kali ini yang akan diulas lebih dalam ialah wisata di kota Sungailiat.

Beberapa tempat Wisata di SungailiatSungailiat adalah ibukota dari Kabupaten Bangka. Sungailiat ini terbagi dalam enam Kelurahan serta satu Desa. Kelurahan – kelurahan yang berada di Sungailiat diantaranya:

Kelurahan Kenanga yang memiliki luas 26 km. persegi, Kelurahan Parit Padang yang memiliki luas 43 km. persegi, Kelurahan Srimenanti yang memiliki luas 3,405 km. persegi, Kelurahan Sungailiat yang memiliki luas 15,500 km. persegi, Kelurahan Kuday yang memiliki luas 5,750 km. persegi, Kelurahan Cahaya Baru yang memiliki Luas 35,330 km. persegi,Desa Rebo yang memiliki luas 19 km. persegi.

Sungailiat adalah salah satunya kota kecil yang terbersih di Indonesia. Ini dapat dibuktikan dengan diraihnya Piala Adipura beberapa waktu berturut – ikut. Sungailiat mendapatkan Piala Adipura pada tahun 1997, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, serta tahun 2013. Sedang pada tahun 2012 Kota Sungailiat cuma mendapatkan sertifikat Adipura saja.

Sungailiat ini adalah arah wisata beberapa wisatawan domestik atau luar negeri. Sungailiat ini populer dengan keindahan pantainya. Beberapa pantai yang populer di Sungailiat ialah Pantai Rambak, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Teluk-Uber, Pantai Matras, Pantai Batu Berdaun, Pantai Tikus, Pantai Ikebana, Pantai Teluk Limau, Pantai Bedukang, serta Pantai Tanjung Pesona. Dengan obyek wisata yang lain yang bukan pantai ialah Gunung Menumbing Bukit Fathin serta pemandian air panas Pemali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *