6 Kuliner Khas Labuan Bajo yang Super Lezat

1 min read

kuliner khas labuan bajo

Neewslive – Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur tawarkan pemandangan alamnya yang indah yang dapat manjakan mata siapapun yang bertandang kesana. Tidak cuma potret alamnya yang memesona, tersana disana ada kuliner khas Labuan Bajo yang siap memanjakan lidah wisatawan.

Bila kamu cuma memiliki waktu satu hari untuk bertandang ke Labuan Bajo, berikut enam makanan khas lokal yang dapat kamu icipi ala Doyan Jalan, penyedia paket tour Labuan Bajo terlengkap:

Kolo

Kuliner khas Labuan Bajo yang pertama adalah Kolo. Tidak sama dengan nasi bakar pada umumnya, Kolo ialah nasi bakar khas NTT yang dibuat dengan memakai bambu. Tehnik memasaknya yang dibakar membuat Kolo disebutkan sebagai nasi bakar di lokasi ini.

Kolo dibikin dari nasi yang dicampur dengan bumbu masakan lantas dimasukkan ke bambu yang selanjutnya dibakar di atas bara api. Butuh waktu sekitar 1/2 jam sampai nasi bakar matang.

Jagung Bose

Bila bertandang ke daerah yang ada di NTT, kamu akan menemukan beragam olahan jagung yang menggugah hasrat. Diantaranya Jagung Bose, makanan inti alternatif nasi ini dibuat dari jagung putih yang ditumbuk dengan lesung bambu.

Jagung yang telah terpisah dari kulitnya ini dibuat dengan kacang merah serta santan untuk memperkaya rasa. Rasa-rasanya yang asin gurih tentunya buat kamu suka!

Bermacam Seafood

Sama dengan wilayah Indonesia sisi timur yang lain, seafood jadi makanan khas lokal yang paling diminati. Dijepit oleh pantai-pantai yang indah jadikan pekerjaan nelayan sebagai mata pencaharian penting masyarakat NTT.

Bila bertandang ke Labuan Bajo tidak komplet bila tidak mencicip olahan seafoodnya yang merayu. Olahan ikan seperti ikan tongkol bakar atau gurame asam manis dapat kamu coba sambil nikmati pemandangan pantai di Labuan Bajo yang menarik.

Sambal Ikan Teri

Olahan ikan yang satu ini benar-benar populer di NTT. Kamu dapat menemukan Sambal Ikan Teri hampir di semua warung yang menjual makanan khas lokal saat ada di Labuan Bajo.

Sambal Ikan Teri dibikin dari ikan teri yang betul-betul masih fresh hingga akan kamu akan merasakan rasa lezat waktu mengonsumsi olahan ini. Umumnya Sambal Ikan Teri diberikan dengan nasi bakar, Kolo.

Tumisan

Tidak cuma NTB yang memiliki plecing kangkung yang nikmat, NTT memiliki olahan sayuran senikmat plecing kangkung. Ialah tumisan sebagai makanan setelah itu yang dapat kamu coba waktu ada di Labuan Bajo. Tumisan yang paling populer ialah tumis bunga pepaya yang memiliki cita rasa gurih pedas yang dapat menggoyang lidah.

Ikan Kuah Asam

Kuliner khas Labuan Bajo yang terakhir ialah ikan kuah asam. Sup ikan dengan kuah bening berwarna kuning ini jadi salah satunya olahan ikan yang pantas kamu coba bila sedang ada di Labuan Bajo.

Ikan kuah asam mempunyai cita rasa asam gurih sebab dibikin dengan memakai belimbing wuluh yang membuat masakan ini terasa benar-benar fresh. Lebih nikmat bila disantap bersama dengan nasi hangat. Yummy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *