Tips Liburan Bersama Keluarga Ke Semarang

2 min read

Liburan bersama keluarga ke semarang

Liburan bersama keluarga saat ini tampaknya sudah menjadi prioritas. Jelas saja, semua keluarga pastinya menginginkan momen khusus untuk semakin mempererat hubungan kekeluargaan.

Berbicara mengenai liburan, Semarang bukan hanya tempat untuk pulang kampung bagi para perantau, tapi juga destinasi wisata yang patut Anda pertimbangkan. Ada apa saja, sih di Semarang?

Sarana wisata di Semarang dapat dibilang lumayan lengkap. Mulai dari wisata sejarah, wisata religi, wisata belanja, alam, hingga kuliner, semuanya dapat ditemukan di Kota Lumpia ini.

Lantas, bagaimana caranya agar kita dapat menikmati segala keindahan wisata Kota Semarang tanpa harus membobol tabungan terlalu banyak? Beberapa tips liburan di bawah ini mungkin bisa Anda jadikan referensi agar liburan bersama keluarga kelak dapat tetap hemat.

Persiapkan dari Jauh-jauh Hari

Kebanyakan dari kita mungkin akan menunggu hingga H-7 keberangkatan untuk mempersiapkan perjalanan liburan. Padahal, kalau dipersiapkan dari jauh hari, kita bisa memperkirakan seberapa besar anggaran untuk jalan-jalan, sewa hotel, serta kebutuhan tidak terduga lainnya.

Sebelum memesan tiket kereta atau transportasi lainnya seperti sewa Bus Semarang, lakukan survei singkat mengenai serba-serbi wisata di Semarang, seperti harga sewa kamar penginapan, tiket masuk tempat wisata, atau perkiraan biaya untuk membeli oleh-oleh. Jika perlu, buatlah itenerary khusus agar perjalanan wisata dapat berlangsung sesuai rencana.

Hitung Biaya Liburan

Setelah menentukan tujuan perjalanan wisata Anda di Semarang, sekarang coba hitung perkiraan biaya yang diperlukan sesuai lamanya Anda berlibur.

Cari tahu perkiraan harga makanan, tarif kamar hotel, serta tiket masuk tempat wisata. Kebanyakan tempat wisata keluarga, khususnya wisata alam, mematok harga tiket masuk yang lumayan tinggi. Jangan anggap remeh alokasi biaya saat liburan.

Justru menghitung perkiraan pengeluaran menjelang liburan jauh kita butuhkan sebab kita cenderung menghabiskan uang secara impulsif ketika berlibur.

Pastikan Tempat Wisata yang Dikunjungi Cocok untuk Segala Usia

Hal yang satu ini patut Anda jadikan prioritas, terutama jika Anda akan berlibur dengan anak-anak di bawah usia 12 tahun. Pastikan tempat wisata yang Anda kunjungi memiliki sarana-sarana hiburan yang cocok untuk anak, yakni sarana hiburan yang memiliki unsur edukatif, dan keamanan.

Beberapa contoh tempat wisata yang ramah anak di antaranya museum, theme park, kebun binatang, serta wahana outbond. Selama berlibur bersama anak-anak, pastikan Anda selalu mengawasi gerak-gerik si kecil, dan jangan sampai membiarkan mereka berkeliaran sendirian.

Bawa Bekal dan Peralatan Khusus

Membawa bekal makanan atau camilan sendiri bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menghemat anggaran selama liburan sebab biasanya harga makanan di tempat wisata akan cenderung lebih mahal dari biasanya.

Jangan lupa pula untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga membawa segala persiapan yang dibutuhkan seperti pakaian, handuk, sandal dan sepatu, obat-obatan, charger ponsel, serta baterai kamera tambahan.

Cari Penginapan Murah

Jangan khawatir, Anda bisa menemukan beberapa penginapan murah kok di Semarang. Beberapa hotel murah ada di Semarang, seperti Hotel Singapore, Hotel Arjuna Sari, Hotel Sahara, Hotel Handayani, Hotel Yonanda, dan Hotel Pelangi Indah. Harga sewa kamar untuk satu harinya bervariasi dan pastinya tidak membuat kantong jebol.

Bersosialisasi dengan Warga Lokal

Jangan merasa asing dengan tempat yang Anda kunjungi. Sesekali, cobalah bersama putra putri anada untuk bersosialisasi dengan warga lokal.

Kadang, Anda bisa mendapat informasi wisata yang lebih lengkap dari obrolan-obrolan ringan Anda dengan mereka, seperti tempat wisata di Jawa Tengah yang lebih bagus atau bisa saja Anda memperoleh informasi toko oleh-oleh khas Semarang yang lebih murah.

Jangan lupa untuk berbagi senyum kepada mereka. Ingat, senyum juga termasuk sedekah loh.

Mempelajari Bahasa Jawa

Tips liburan ke Semarang satu ini bisa menjadi kunci Anda untuk bisa menerapkan liburan ala study tour bersama keluarga di Semarang. Kebanyakan warga lokal Semarang menggunakan Bahasa Jawa dalam keseharian mereka.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghemat pengeluaran, khususnya ketika membeli oleh-oleh khas Semarang, yaitu dengan menyelingi transaksi jual beli dengan obrolan berbahasa Jawa.

Biasanya jika proses tawar menawar dilakukan dengan bahasa Jawa, penjual akan merasa senang dan menganggap Anda adalah warga lokal Semarang.

Selain itu, dengan menggunakan Bahasa Jawa, bisa jadi Anda mendapatkan potongan harga ketika membeli oleh-oleh. Lumayan kan untuk menghemat pengeluaran Anda.

Bagaimana tips-tips liburan bersama keluarga ke Semarang yang telah kami bahas di atas? Apakah semuanya sudah Anda catat? Semoga liburan ala study tour Anda dan keluarga di Semarang bisa sukses dan menyenangkan yahh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *