Tujuan Wisata Di Lumajang yang Bagus Selain Bromo

4 min read

Tujuan Wisata Di Lumajang

Berjarak kira-kira dua jam perjalanan darat dari Surabaya, Lumajang tawarkan pesona alam yang spesial. Tidak cuma nuansa alam pegunungan yang hijau serta asri, atmosfer pantai yang enjoy serta situasi goa yang penuh misteri dapat juga kamu nikmati di sini. Dapat disebutkan, tujuan wisata di Lumajang mempunyai karakter yang komplet.

Bila kamu tertarik nikmati tujuan wisata pilihan di Jawa Timur, Lumajang wajar jadi jujukan. Tidak hanya ke arah Gunung Bromo, Gunung Semeru serta ke Ranu Kumbolo, cek di sini untuk tujuan yang mana saja yang dapat kamu datangi, sekaligus juga memuaskan tertentu.

Air Terjun Tumpak Sewu

Yups, ada banyak Niagara di Indonesia. Diantaranya ialah air terjun Tumpak Sewu. Salah satunya tujuan wisata di Lumajang ini serta mendatangkan panorama yang lebih epik dibandingkan air terjun Niagara yang ada di tepian di antara negara sisi New York serta propinsi Ontario, Kanada, yakni air terjun dengan panorama yang hijau.

Aliran air yang melingkar, merembesi dinding tebing serta membuat dampak gorden jadi kekhasan dari air terjun Tumpak Sewu ini. Disamping itu, udara udara yang fresh dan panorama alam yang mengagumkan meningkatkan daya tarik air terjun ini.

Bila ingin lihat panorama yang lebih eksotik, kamu dapat turun ke lembahnya serta lihat langsung pemandangan air terjun dari bawah. Ditanggung akan kagum, lho!

  • Lokasi : Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Harga tiket : 10,000 IDR per orang

Menikmati kemegahan Coban Sriti

Salah satunya tujuan wisata di Lumajang bertopik air terjun yang dapat juga kamu datangi ialah Coban Sriti. Tetapi, sebab kealamiannya yang masih terbangun, untuk dapat sampai ke tempat diperlukan sedikit usaha.

Lepas dari itu, Coban Sriti akan tawarkan keelokan yang tanpa tara. Air terjun dengan ketinggian seputar 120 mtr. ini datang dari dua saluran sungai, yakni Sungai Besukbang serta Glidik atau Sungai Lengkong. Kesan-kesan istimewa ada sebab tempat jatuhnya air Coban Sriti ada di tebing hijau yang mengitarinya.

Waktu musim hujan, debet air Coban Sriti makin besar. Sebab fakta keselamatan, pengunjung dianjurkan tidak mandi dibawah guyuran air terjun. Tetapi, untuk sebatas membersihkan kaki serta nikmati panorama yang alami, nikmati segarnya air di saluran sungai Coban Sriti dapat dikerjakan.

  • Lokasi : Dusun Pronojiwo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur
  • Harga tiket : Gratis

Air Terjun Kapas Biru

Ingin nikmati tujuan wisata anti-mainstream di Lumajang? Kamu dapat berkunjung ke air terjun Kapas Biru, yang tempatnya tersembunyi ditengah-tengah rimbunnya pohon-pohon hijau serta tebing yang tinggi menjulang.

Ada fakta spesial kenapa air terjun ini dinamakan demikian. Saluran air terjun yang deras serta berwarna putih sebagai wakil frasa “kapas”, sesaat “biru” diambil dari kesan-kesan warna kebiruan bila air terjun ini disaksikan dari terlalu jauh. Lepas dari itu, semua kudu sepakat bila air terjun Kapas Biru memang indah serta mengagumkan.

Tebing yang tinggi berwarna gelap, dihiasi warna hijau tetumbuhan di seputar serta nuansa sejuk dari hembusan udara serta dingin dari air terjun memberi sensasi tertentu yang susah diketemukan dalam tempat lain.

  • Lokasi : Pronojiwo, Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Harga tiket : Gratis

Menjelajah Jejak Peninggalan Belanda di Kebun Teh Kertowono

Di lereng Semeru, ada kebun teh Kertowono yang menarik untuk didatangi. Tidak cuma sebab pesona warna hijau serta udara fresh yang ditawarkan, dan juga peluang untuk turunkan tingkat depresi kamu.

Kamu dapat juga berkunjung ke pabrik teh yang ada dekat sama tujuan wisata di Lumajang ini. Kamu dapat juga belajar serta lihat pemrosesan daun teh sampai jadi produk siap minum, dari mulai menuai, menyortir serta mengepak daun teh. Kamu dapat juga minum teh hasil dari perkebunan ini, lho!

Tidak hanya nikmati panorama serta ikuti proses pemrosesan daun teh, kamu dapat juga berekreasi riwayat. Ini tidak dapat dilepaskan dari bukti jika kebun teh ini adalah peninggalan Belanda serta telah ada semenjak 1910. Ada beberapa bangunan peninggalan Belanda, yang dapat kamu sewa untuk menginap. Paginya, kamu dapat nikmati sunrise yang bagus, lho!

  • Lokasi : Poli, Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Harga tiket : 5,000 IDR per orang

Air Terjun Kabut Pelangi

Masih tertarik nikmati pesona alam Lumajang, karena itu air terjun Kabut Pelangi harus jadi jujukan kamu selanjutnya. Bukan hanya lihat air terjun, kamu dapat juga nikmati halimun, A.K.A. kabut tipis serta pelangi di tempat wisata ini.

Pemandangan yang ditawarkan tujuan wisata di Lumajang ini indah serta mengagumkan. Belum juga udara fresh serta sejuk yang melingkari pengunjung di setiap waktu, yang akan membuat kerasan begitu lama di sini, walau rute untuk dapat sampai ke tempat tidak dapat disebut gampang ditempuh.

Air terjunnya sendiri menyalurkan air yang cukup deras. Ditambah panorama alam di seputar yang mengagumkan, tiap photo di sini dapat jadi hasil yang Instagenik.

  • Lokasi : Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Harga tiket : 5,000 IDR per orang

Pura Mandara Giri Semeru Agung

Pura banyak ada di Bali. Tetapi bila ingin berkunjung ke pura paling tua di nusantara, kamu dapat menyambangi kaki gunung Semeru serta ke arah Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Seperti dalam pura yang berada di Bali, Pura Mandara Giri mempunyai arsitektur yang sama, walau ada sentuhan arsitektur ciri khas Majapahit. Kamu dapat juga menemui bale gajah, pendapa serta beberapa kegiatan keagamaan yang diadakan di saat-saat khusus.

Sebab terletak ada pada ketinggian, ada di pura ini dapat juga memperoleh nuansa sejuk serta beri kesegaran. Tetapi, bagaimanapun, pura ini masih jadi tempat beribadah umat Hindu. Jadi, masih perlihatkan rasa hormat, ya!

  • Lokasi : Jalan Serma Dohir, Sumberagung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Harga tiket : Gratis

Antrukan Pawon

Kapan paling akhir kamu berkunjung ke air terjun di goa? Bila tidak pernah, kamu dapat memperoleh pengalaman pertama kamu di tujuan wisata di Lumajang ini, Antrukan Pawon.

Air terjun ini mengalir ke satu ceruk alias lubang bumi yang berupa seperti goa. Khasnya, goa ini membuat seperti dapur, atau yang dalam bahasa Jawa biasa disebutkan pawon. Sebab fakta itu air terjun ini dikatakan sebagai Antrukan Pawon.

Panorama yang ditawarkan cukup eksotis. Dapur (pawon) goa diguyur air yang membuat gorden serta jatuhnya air jadi saluran sungai di goa yang ke arah hilir. Silahkan berpose di sini untuk hasil photo yang epik.

  • Lokasi : Pucangalit, Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Harga tiket : Gratis

Menyaksikan Keajaiban Goa Tetes yang Tidak Pernah Kering

Salah satunya keajaiban alam yang berada di Lumajang ialah Goa Tetes. Konon, air terjun serta goa karst di dalamnya mendatangkan sumber air yang belum pernah kering.

Goa Tetes adalah goa karst yang tersembunyi dibalik air terjun. Memiliki bentuk cukup unik serta tidak biasa, serta panorama alamnya pun tidak kalah bagus dengan tujuan wisata lain di Lumajang. Goa ini tercipta dengan alami. Erosi air yang terus-terusan membuat lanscape yang unik. Di goa ada seperti kolam yang menarik untuk jadikan latar belakang berpose kamu.

  • Lokasi : Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Harga tiket : 5,000 IDR per orang

Eksotisme Watu Godeg di Selatan Jawa

Tidak hanya air terjun, goa serta nuansa pegunungan, Lumajang mempunyai tujuan wisata bertopik pantai, yakni Pantai Watu Godeg. Asyiknya, view-nya lumayan menarik, lho!

Pantai Watu Godeg dikelilingi tebing yang tinggi. Pantai dengan pasir hitam ini mempunyai batu-batu besar yang mengagumkan. Ada pula beberapa kolam rawa yang menambak eksotisme tempat ini. Sebagai landmark dari pantai ini ialah kehadiran batu karang yang menjulang di tepi pantai. Khasnya, batu karang ini berkesan bergoyang saat diterjang oleh ombak.

Tidak hanya nikmati panorama alam, kamu dapat bermain di tepi pantai atau berekreasi kuliner, mengingat ada beberapa warung ikan bakar yang berada di sini.

  • Lokasi : Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Harga tiket : Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *