Wisata Alam di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

4 min read

Wisata alam

Pacitan merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang terkenal dengan nasi tiwulnya ini, memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik lho, yang pemandangannya sangat menakjubkan dan juga eksotis.

Dengan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan tersebut, gak heran jika wisata alam yang ada di Pacitan, sering dijadikan tujuan wisata bagi para wisatawan dari luar daerah yang ingin berlibur di Jawa Timur.

Nah, berikut ini ulasan 7 wisata alam paling hits di Pacitan, yang wajib buat masuk bucket list kamu, jika sedang berlibur di Kabupaten yang mendapat julukan ‘kota seribu satu goa’ ini.

1. Pantai Klayar

Nah, ini dia pantai paling hits dan favorit di Pacitan, yaitu Pantai Klayar. Pantai yang termasuk salah dari gugusan Pantai Laut Selatan ini, memiliki gradasi warna pasir yang cukup menarik lho, yaitu berwarna putih dan coklat. Pasir yang berwarna putih pada bagian bibir pantai, akan bertransisi menjadi kecoklatan saat terkena air laut. Gradasi warna tersebut hanya bisa dilihat dari atas saja lho, atau juga bisa dengan menggunakan kamera drone.

Selain itu, terdapat bebatuan karang di tengah laut, yang merupakan ikon dari Pantai Klayar itu sendiri. Bebatuan karang tersebut juga tersambung dengan bebatuan karang yang ada di pinggir pantai, dan para pengunjung juga bisa mendaki bebatuan karang tersebut, dengan menggunakan tangga dari beton yang telah disediakan pihak pengelola. Tak hanya itu saja, Pantai Klayar juga memiliki fenomena alam berupa bebatuan yang mirip dengan Patung Sphinx, yaitu patung berbadan singa dan berkepala manusia yang berada di Mesir.

Sama halnya dengan Pantai Laut Selatan lainnya, air laut di Pantai Klayar berwarna biru jernih dan memiliki ombak yang cukup besar, sehingga dianjurkan pada para pengunjung untuk tidak berenang di lautnya. Namun para pengunjung masih bisa menikmati liburan di Pantai Klayar dengan berselfie ria di beberapa spot foto menarik yang ada di kawasan Pantai Klayar, seperti spot batu karang, maupun berselfie di hamparan pasirnya yang sangat bersih dan juga lembut dengan background laut yang pemandangannya sangat menawan dan juga eksotis.

Nah, untuk dapat menikmati keindahan Pantai Klayar, para pengunjung akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp10.000/orang. Pantai Klayar lokasinya berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

2. Pantai Buyutan

Selain Pantai Klayar yang menjadi primadona wisata di Pacitan, juga ada lho Pantai Buyutan, yang gak kalah eksotis dan menawannya dari Pantai Klayar. Pantai Buyutan memiliki hamparan pasir putih yang luas, dengan teksturnya yang lembut dan juga sangat bersih. Selain itu, juga terdapat batu karang besar berbentuk seperti mahkota, yang berada di dekat bibir pantai, yang merupakan ikon dan menjadi dongeng di Pantai Buyutan ini. Menurut cerita yang beredar, batu karang berbentuk mahkota tersebut adalah mahkota milik Dewa Narada yang terjatuh di laut saat terbang di atas pantai.

Nah, batu karang berbentuk mahkota Dewa Narada ini merupakan spot selfie yang favorit lho di Pantai Buyutan ini. Tak hanya bisa berselfie ria saja, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas menyenangkan lainnya, seperti berenang, diving, dan surfing. Para pengunjung yang ingin menginap, juga bisa berkemah di area perbukitan karang Pantai Buyutan ini.

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Buyutan ini, para pengunjung hanya cukup membayar parkir kendaraannya saja, karena tiket masuknya gratis. Tarif parkir kendaraannya yaitu Rp5.000/motor dan Rp10.000/ mobil. Jika ingin berkemah, para pengunjung hanya cukup melapor pada petugas pantainya saja, dan membayar biaya retribusi sekitar Rp15.000. Pantai Buyutan ini, lokasinya berada di Desa Widoro, Donorejo, Kalak, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

3. Gua Gong

Nah, ini dia wisata goa yang paling hits dan terindah di Kabupaten Pacitan, yaitu Goa Gong. Keindahan Goa Gong ini, tak tertandingi lho dengan goa-goa yang ada di daerah lainnya. Bahkan, juga ada yang mengatakan bahwa, Goa Gong adalah goa yang paling indah di Asia Tenggara. Goa Gong ini cukup luas lho, panjang lorongnya saja sekitar 256 meter. Bagian yang paling indah di Goa Gong adalah bagian ujung lorongnya. Dibagian ujung lorongnya tersebut, para pengunjung akan disajikan sebuah ruangan berbentuk kubah raksasa, dengan panjang 100 meter, dan lebarnya 15 hingga 40 meter.

Selain itu, juga terdapat stalaktit dan stalakmit dengan berbagai bentuk dan ukuran, yang menghiasi ruangan berbentuk kubah raksasa tersebut. Untuk dapat menjelajahi seluruh ruangan yang ada di Goa Gong, para pengunjung membutuhkan waktu sekitar dua jam lho. Namun itu semua tidak akan terasa, karena para pengunjung akan dibuat takjub dengan pesona yang dimiliki oleh Goa yang terindah se-Asia Tenggara tersebut.

Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho, yaitu sekitar Rp5.000/orang, dan jika ingin menyewa senter akan dikenai tarif sebesar Rp5.000/senter. Jika ingin menyewa pemandu wisata, akan dikenai tarif sebesar Rp30.000. Gua Gong lokasinya berada di Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

4. Sungai Maron

Selain wisata pantai dan goa, Pacitan juga memiliki Wisata alam sungai lho, yaitu wisata Sungai Maron. Sungai Maron ini, juga sering disebut dengan Amazonnya Indonesia lho, karena memiliki panorama yang hampir mirip dengan sungai yang terpanjang kedua di dunia tersebut. Di sekitar Sungai Maron juga terdapat banyak pepohonan kelapa, yang tentunya akan menambah keasrian dari wisata yang juga mendapat julukan Green Canyon nya Pacitan.

Kegiatan yang bisa di lakukan pada pengunjung di Sungai Maron ini, adalah menyusuri sungai dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga, yang sudah disiapkan di dermaga. Kapasitas maksimal perahu adalah 6 orang. Para pengunjung dijamin tidak akan kecewa dengan pemandangan yang ditawarkan oleh Sungai Maron ini. Pasalnya, Sungai Maron ini akan membentang sejauh 4,5 kilometer hingga ke titik muara di Pantai Ngiriboyo, sehingga pengunjung akan berpetualang selama 45 menit lamanya untuk menikmati keindahan pemandangan yang ada di sekitar Sungai Maron ini.

Untuk harga masuknya juga sangat terjangkau lho, yaitu Rp2.000/orang, dan untuk menyewa perahu akan dikenai tarif sebesar Rp100.000 s/d Rp150.0000, harga tersebut tergantung dengan kondisi perahu yang disewa. Sungai Maron ini, lokasinya dekat dengan Pantai Klayar, tepatnya berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

5. Hutan Pinus Gemaharjo

Selain terkenal dengan wisata pantai dan goanya, Kabupaten Pacitan juga memiliki Wisata alam hutan pinus, yang kalah menariknya dari dua wisata alam tersebut. Wisata hutan pinus yang paling hits di Pacitan adalah Hutan Pinus Gemaharjo. Wisata Hutan Pinus Gemaharjo ini berada di dataran tinggi lho, yang tentunya udaranya bakalan lebih segar dan juga menyejukkan, dibandingkan dengan wisata di dataran rendah seperti pantai dan goa. Di Hutan Pinus Gemaharjo ini, juga banyak sekali lho obyek-obyek fotonya yang keren dan kekinian banget, contohnya saja seperti hammock, gardu pandang yang berada diatas pohon, dan masih banyak lagi.

Selain itu, juga tersedia gazebo untuk para pengunjung yang ingin duduk-duduk sambil menikmati keindahan Hutan Pinus Gemaharjo. Untuk fasilitasnya juga sudah lumayan lengkap, seperti mushola, kamar mandi, warung makan, dan tempat parkir yang sangat luas. Nah, untuk tiket masuknya juga murah meriah lho, yaitu Rp2.000/orang. Hutan Pinus Gemaharjo lokasinya berada di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

6. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan merupakan wisata goa yang terkenal di Pacitan, setelah Goa Gong. Goa Tabuhan ini memiliki ciri khas yang sangat unik lho, yaitu bebatuan yang ada dinding goa, jika dipukul akan berbunyi seperti suara gamelan. Para pengunjung akan disajikan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang menempel di dinding goa dengan berbagai macam bentuk yang berbeda. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Goa Tabuhan ini merupakan tempat petilasan bekas Pangeran Diponegoro yang dipergunakan saat bertapa.

Goa Tabuhan ini memiliki beberapa wahana yang sangat menarik lho, yaitu Ruang Marmer, Sendang Bidadari, Ruang Kristal, Ruang Bekas Konser Musik, dan Pagelaran Seni Khas Goa Pacitan. Untuk fasilitas umumnya sudah lumayan lengkap seperti mushola, gazebo, kamar mandi, tempat parkir, toko souvenir, dan juga penginapan. Harga tiket masuknya juga murah meriah lho, untuk anak-anak sebesar Rp5.000/orang, dan untuk orang dewasa sebesar Rp7.000/orang. Wisata Goa Tabuhan lokasinya berada di Wareng, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

7. Pantai Banyu Tibo

Selain Pantai Klayar dan Pantai Buyutan, Wisata alam yang terkenal di Pacitan berikutnya adalah Pantai Banyu Tibo. Pantai Banyu Tibo ini memiliki pemandangan alam yang sangat menawan dan juga eksotis lho. Di pantainya, terdapat air terjun yang debit airnya mengalir langsung dari pegunungan. Selain terdapat air terjun, Pantai Banyu Tibo juga dikelilingi oleh perbukitan bukit yang hijau dan gugusan batu karang yang menambah keasrian pantai tersebut. Di Pantai Banyu Tibo ini, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti berenang, surfing, berjemur, dan berselfie ria di pinggir pantai, air terjun, bukit, maupun di gugusan karangnya.

Nah, untuk harga tiket masuknya juga sangat terjangkau lho, yaitu sekitar Rp5.000/orang. Ternyata, Pantai Banyu Tibo ini, lokasinya juga berdekatan lho dengan Goa Gong, tepatnya berada di daerah Widoro, Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *