5 Makanan Khas Banyuwangi yang Terkenal

2 min read

Makanan Khas Banyuwangi

Kuliner dan tempat wisata adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan begitu saja, karena kedua daya tarik ini sama-sama bisa membuat suatu tempat menjadi terkenal.

Dan kota Banyuwangi yang berada di ujung  provinsi Jawa Timur memiliki kedua magnet tersebut, yakni Makanan Khas Banyuwangi serta tempat wisata menarik.

Nah, bila kalian kebetulan berkunjung ke Banyuwangi, tentu tak ada salahnya mencoba kumpulan makanan-makanan khas daerah tersebut yang katanya sangat lezat.

Bingung apa saja makanan khas Banyuwangi yang terkenal akan kelezatannya? Tenang saja, pada artikel kali ini kami akan mengulas macam-macam kulinernya secara lengkap mulai dari cara pembuatannya, resepnya, sejarah beserta dengan penjelasannya.

Sego Cawuk

Makanan Khas Banyuwangi pertama yang wajib buat dicoba adalah sego cawuk, salah satu jenis kuliner berat dengan ciri bercitarasa gurih sekaligus lembut karena diberi campuran kuah, taburan kelapa parut serta dilengkapi aneka macam lauk pauk.

Nah, penasaran kan seperti apa rasanya? Buat yang ingin mencicipinya, sego cawuk Mak Mantih di Dsn.Prejengan, Ds.Rogojampih adalah juaranya.

Meskipun hanya kedai sederhana tapi  tempat yang buka mulai pukul 06.00-11.00 ini selalu ramai, karena selain enak, harganya juga murah sekitar 10-15 ribuan saja seporsi.

Rujak Soto

Makanan Khas Banyuwangi selanjutnya yang juga sangat terkenal adalah rujak soto, salah satu contoh menu unik berbahan dasar potongan daging babat dan kuah santan kental bercitarasa gurih.

Berkunjung ke kabupaten Banyuwangi, katanya kurang sah kalau tidak mencicipi langsung makanan satu ini. Tertarik ingin mencoba?

Nah, buat kalian yang ingin mencobanya bisa datang ke warung Mbok Mbret di kawasan Benculuk, Cluring, letaknya tepat  disamping bekas bangunan bioskop Siylvia.

Selain bisa menikmati citarasanya yang enak dan murah seharga Rp.20.000, di warung sederhana di pinggir jalan ini kita juga bisa melihat cara membuat rujak soto secara langsung.

Bagiak

Buat kalian yang bingung mencari oleh-oleh apa untuk dibawa pulang, bagiak mungkin bisa jadi pilihan paling tepat.

Bagiak adalah Makanan Khas Banyuwangi sejenis kue kering yang terbuat dari tepung sagu dan terdiri dari beberapa varian rasa mulai dari pandan, keju, nangka, vanila, jahe hingga durian.

Jajanan tradisional satu ini meskipun memilik nama aneh tapi bisa menjadi cemilan tepat untuk menemani santai sore sembari menyeruput minuman yang segar-segar.

Bagiak ini banyak dijual di pusat oleh-oleh, salah satu contoh adalah Toko Sherly Jln.Borobudur Gg.VI No.02. Soal harganya, dibanderol cukup terjangkau mulai dari Rp.20.000-Rp.25.000/bungkusnya.

Pindang Koyong

Nama Makanan Khas Banyuwangi selanjutnya adalah pindang koyong. Bagi Sahabat penggemar sajian berbahan ikan, wajib banget mencicipi menu satu ini.

Masakan pindang koyong warisan suku Osing ini terbuat dari ikan tenggiri yang masih segar  lalu diolah dengan resep bumbu pilihan, sehingga rasanya nikmat dan aromanya pun semakin khas.

Dan salah satu tempat paling eksis akan menu ini adalah Warung Fajar beralamat di Jln.Kepiting 100 X, Kel.Sobo, Kabupaten Banyuwangi, Jatim. Di kedai sederhana tersebut harga pindang koyong dibanderol sekitar Rp.7.000/porsinya.

Ayam Pedes

Bagi kalian pecinta kuliner pedas level atas, maka ayam pedes khas daerah Genteng ini adalah salah satu menu paling wajib untuk dicicipi.

Yup, ayam pedes ini rasanya memang nikmat karena selain dagingnya empuk, menu tersebut juga dilengkapi nasi tempong, sambal serta kuah dengan resep bumbu khusus.

Satu tempat paling populer akan Makanan Khas Banyuwangi adalah Ayam Pedes Rantinem di Genteng Kulon. Kedai ini sudah beroperasi sejak 1970-an dan sangat terkenal di Banyuwangi. Selain karena enak, harganya juga hanya sekitar Rp.20.000 saja seporsinya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *