Profesi Manusia yang Tidak Bisa Digantikan Oleh Robot

2 min read

Profesi Manusia yang Tidak Bisa Digantikan

Sadar tidak sih jika ditengah-tengah perkembangan tehnologi yang cepat sekarang ada efek jelek yang hadir? Diantaranya ialah semakin minimal lapangan pekerjaan. Kok dapat? Jelas dong sebab ada banyak Profesi Manusia yang Tidak Bisa Digantikan oleh robot.

Contoh paling riil seperti petugas pintu tol. Kita dapat lihat bagaimana saat ini di tiap gerbang tol tidak butuh ada petugas yang bekerja terima serta kembalikan uang. Sudah semua diganti oleh mesin. Meskipun masih ada petugas, paling-paling cuma teknisi. Itu juga satu teknisi untuk mengatasi dua sampai tiga mesin.

Ini tidak bermain-main lho. Di tahun 2016 pernah ada riset yang dikerjakan oleh McKinsey & Company. Lewat websitenya, mckinsey.com, mereka meramalkan jika seputar tahun 2021-2022 mesin akan mengambilalih 52,6 juta pekerjaan manusia.

Serta yang penting kamu paham.kamu mengerti, mesin tidak cuma akan gantikan pekerjaan manusia yang berkesan teratur serta monoton, seperti petugas tol atau buruh pabrik. Mencuplik dari oxfordmartin.ox.ac.uk, ada satu studi berjudul The Future of Employment yang mengatakan jika pekerjaan seperti telemarketing, konsultan pajak, wasit olahraga, psikolog, serta dokter terancam dapat diganti oleh mesin.

Wah, jika demikian, karier apa dong yang susah diganti oleh mesin/robot?

1. Content Creator

Ada satu buku berjudul “Rise of the Robots: Technology and the Threat of a Jobless Future” yang dicatat oleh Martin Ford. Di buku itu mengulas Profesi Manusia yang Tidak Bisa Digantikan oleh robot serta yang mana yang tidak. Ford menulis jika pekerjaan yang memiliki bentuk bisa diperkirakan serta ditangani berkali-kali benar-benar rawan diganti oleh mesin.

Sesaat karier yang susah diganti oleh mesin adalah yang terkait dengan keativitas. Nah, konten creator salah satu contoh karier yang tuntut kreatifitas. Karier ini diakui Ford benar-benar susah diganti oleh mesin. Sebab rasa-rasanya masih susah membuat mesin yang dapat berpikir out of the box, kan?

2. Business Development

Karier yang cukup terkenal serta menjanjikan ini disebut susah untuk diganti dengan mesin. Sebab karier ini memerlukan kreatifitas buat seorang untuk dapat menjalaninya lho. Karier ini benar-benar tuntut orang untuk dapat membuat rekanan, lakukan analisis, berpikir kreatif, sampai harus mengerti keadaan terbaru satu industri serta berencana peningkatan produk periode panjang. Rasa-rasanya manusia belum juga mampu untuk bikin mesin yang dapat kerjakan semuanya dalam periode waktu 10-15 tahun ke depan.

3. Public Relation

Tentunya mesin tidak dapat gantikan peranan manusia dalam bersosialisasi. Sebab merajut rekanan pada tiap manusia itu perlu pendekatan yang berlainan. Itu mengapa karier Public Relation atau humas diperkirakan masih susah untuk diganti oleh mesin.

Sebab pastinya, mesin atau robot akan susah untuk menyisipkan gurau di tiap pembicaraan. Serta tentunya mesin tidak dapat lakukan pendekatan emosional dengan manusia.

4. Customer Care

Untuk karier satu ini berkesan remeh, tetapi siapa kira jika malah konsumen care masuk jadi salah satunya karier yang susah diganti oleh mesin. Mengapa? Sebab pada intinya manusia jadi customer tidak akan merasakan senang saat hadapi mesin penjawab waktu akan merintih atau memerlukan pertolongan. Sebab manusia pada intinya makhluk sosial.

Jika telah ini, pertanda kita tidak bisa melihat sepele pekerjaan jadi konsumen care.

5. Polisi/Tentara

Kelihatannya kedatangan polisi robot seperti Robocop betul-betul masih hanya di film saja. Sebab nyatanya pekerjaan jadi aparat penegak hukum seperti polisi atau tentara dipandang susah diganti oleh mesin. Masalahnya pekerjaan ini susah diperkirakan. Perlakuan pada satu momen dengan momen lain dapat berlainan. Watak penjahat serta tindakan kejahatan juga dapat berlainan.

Disamping itu, aparat penegak hukum juga tidak hanya cuma memberantas kejahatan. Sebab di keadaan khusus kedatangan polisi atau tentara diperlukan, seperti waktu berlangsungnya musibah alam. Polisi serta tentara butuh ada untuk memberi pertolongan.

6. Pemadam Kebakaran

Sama seperti seperti polisi serta tentara, karier jadi pemadam kebakaran ini mempunyai pekerjaan yang susah diperkirakan. Tiap keadaan dari momen kebakaran dapat berlainan. Langkah penanganannya juga tentu berlainan. Perlu perhitungan yang pas serta cepat. Mematikan api yang membakar gedung tentu tidak sama langkah serta prioritasnya dibandingkan waktu mematikan api yang membakar rumah di pemukiman padat masyarakat.

Ditambah lagi waktu ada manusia yang terjerat di gedung atau rumah yang terbakar. Misi pengamanan semacam itu tentulah tidak dapat diberikan pada mesin atau robot.

7. Tukang Ledeng

Satu kali lagi, karier ini berkesan sepele tetapi kenyataannya susah diganti oleh mesin. Tukang ledeng juga jadi karier yang dipandang susah diperkirakan. Kemungkinan dapat diperkirakan waktu ada rumah atau gedung yang akan dibuat atau direparasi. Tetapi, jika setiap saat ada ledeng yang bocor, pasti tukang ledeng harus siap bergerak.

Serta namnya kerusakan juga tidak dapat diperkirakan. Apapun dapat berlangsung serta perlu perlakuan yang sesuai dengan. Itu kenapa Ford menyebutkan karier ini susah diganti oleh mesin.

Sebenarnya di samping jumlahnya karier yang hilang sebab perkembangan tehnologi, ada karier baru yang tidak pernah terpikirkan awalnya. Contohnya saja YouTuber, Social Media Specialist, Android Development, atau yang lain yang tidak pernah terpikirkan 10 tahun kemarin.

Tetapi, minimal, sesudah membaca artikel ini kamu dapat tahu karier apa yang akan menjanjikan serta tidak di hari esok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *