Vihara Dewi Kwan Im di Belitung

1 min read

Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Dewi Kwan Im di Belitung – Kepulauan Bangka Belitung tidak hanya memiliki wisata pantai yang cantik serta alam yang eksotis, mempunyai wisata religi bersejarah tinggi. Diantaranya ialah Vihara Dewi Kwan Im. Berikut akan kita kulik mengenai Vihara yang disebut tempat beribadah golongan budha paling tua di Pulau Belitung ini.

Vihara Paling besar di Belitung

Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Buddhayana Dewi Kwan Im adalah situs yang telah kuno. Vihara ini sekarang sudah mencapai umur lebih dari satu era. Vihara Dewi Kwan Im pertama-tama diketemukan pada tahun 1747.

Menurut narasi, konon dulu Dewi Kwan Im lakukan sembahyang di atas satu batu yang ada di satu tempat sembahyang paling besar di vihara ini. Tempat sembahyang itu diberi nama Kon Im. Supaya dapat sampai ke vihara ini, kita harus naiki anak tangga yang banyaknya agak banyak, yakni sampai 86 buah.

Ada 3 tempat sembahyang di Vihara Dewi Kwan Im. Yang pertama namanya Shimunyo yang terdapat dekat sama anak tangga. Jika naik lebih ke atas akan didapati satu tempat sembahyang namanya Sitiyamuni. Di atasnya , kembali akan kelihatan satu tempat sembahyang terbesar di vihara ini namanya Kon Im.

Vihara ini akan dipenuhi pengunjung yang ingin lakukan beribadah di hari besar seperti imlek serta waisak. Pengunjung yang hadir tidak cuma pelancong dalam negeri saja, tetapi wisatawan asing juga banyak yang hadir ke tempat ini.

Vihara Dewi Kwan Im berada di Desa Burung Mandi. Beberapa orang yakin jika jika kita berdoa di vihara itu karena itu semua kemauan akan terkabul serta jadi fakta. Tidak hanya digunakan untuk tempat melaksanakan ibadah, vihara ini juga seringkali didatangi orang untuk satu tujuan wisata religi.

Daya tariknya tidak hanya vihara ini adalah situs kuno sebab keindahan alam sekelilingnya benar-benar cantik. Background vihara ialah Gunung Burung Mandi. Serta jika tengah mujur, kita bisa lihat beberapa monyet yang turun dari perbukitan serta cari makan mengarah vihara.

Alamat komplet vihara : Desa Burung Mandi, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Bisa dilakukan dalam tempo 2 jam dari Tanjungpandan, serta 30 menit dari Kota Manggar.

Kolam Tujuh Bidadari

Di kolam ini pengunjung yang hadir bisa lemparkan koin, sambil mengucap doa serta permintaan. Beberapa orang meyakini jika dengan lakukan hal tersebut apapun permintaan atau doa mereka akan dipenuhi.

Vihara ini adalah yang paling tua di kepulauan Bangka Belitung. Vihara ini lumayan banyak mengisap lawatan pelancong karena narasi unik serta ajaib yang menemani pembangunan vihara ini. Apakah itu? Konon sebelum vihara dibuat, ada patung Budha Bodhisttwa yang ada pada permukaan laut. Semenjak insiden tersebutlah, vihara ini dibuat.

Beda Vihara Dewi Kwan Im serta vihara Gunung Timur yang berada di lokasi Sumatera Utara ialah luas wilayahnya. Vihara Sumatera Utara mempunyai lokasi yang tambah lebih luas dibandingkan Vihara Dewi Kwan Im.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *